Posted by: Keluarga Pelancong | May 24, 2007

Jerman Sebagai Pusat Pameran

Diantara negara-negara lain di dunia, Jerman merupakan negara penyelenggara internasional No. 1 saat ini. Dua pertiga pameran internasional utama global diselenggarakan di negara ini.

Setiap tahun, kota-kota pemeran utama di Jerman menyelenggarakan antara 150 hingga 170 pameran berskala internasional, dengan 160 ribu peserta pameran, dan dikunjungi oleh hampir sepuluh juta orang. Internasionalisasi adalah point tambahan yang dimiliki pameran di Jerman. Lebih dari separuh peserta pameran berasal dari luar negeri, sepertiganya dari luar Eropa. Hampir seperlima pengunjung datang dari lebih dari 190 negara di dunia.

Pameran dengan jumlah pengunjung terbanyak diantaranya Hannnover Messe sebagai pameran industri terbesar di dunia, Pameran buku Frankfurt alias Frankfurter Buchmesse, Pameran komputer CeBIT di Hannover dan Internationale Automobilaustellung (IAA) di Frankfurt, dikunjungi dua ratus ribu hingga hampir sejuta orang.

Pameran adalah sektor jasa penting bagi perekonomian Jerman. Untuk menyelenggarakan pameran berskala internasional dan regional, tersedia 24 pusat pameran di kota-kota utama Jerman, dengan ruang pamer keseluruhan seluas 2,65 juta meter persegi. Empat dari lima pusat pameran terbesar dunia, berada di Jerman. Menurut data tahun 2005, selama pameran, para pengunjung dan peserta pameran mengkontribusikan kira-kira 10 miliar euro per tahun. Efek ekonomi dari sektor jasa ini mencapai 23 miliar euro, dan menciptakan sekitar 250 ribu lapangan kerja langsung maupun tak langsung.

Sebagai negara industri, dengan 9 juta orang atau seperempat angkatan kerja yang bekerja di dalamnya, Jerman membutuhkan internasionalisasi bagi industrinya. Dan bagi industri, pameran merupakan instrumen komunikasi dan marketing tak tergantikan dalam persaingan global.

Pameran internasional merupakan instrumen terpenting komunikasi business-to-business, langkah awal suatu perusahaan untuk mengenalkan produk kepada pasar, menemukan pasar baru bagi produknya, dan menjalin kontak dengan pelanggan yang telah ada. Pameran internasional adalah even, dimana perusahaan industri Jerman dapat mempresentasikan daya saing dan kemampuan inovasinya kepada publik ahli dan publik biasa. Disini akan dipertunjukkan teknologi, produk serta tren baru yang tercipta. Para peserta pameran dapat membandingkan presentasinya secara langsung dengan para pesaing global.

Sebagai penyedia ruang pamer utama, Jerman didukung oleh letak geografisnya yang berada di jantung Eropa, ditunjang pula dengan infrastruktur terbaik serta syarat ideal bagi presentasi dan inovasi. Infrastruktur pendukung antara lain tersedianya 18 bandara internasional dan 12 bandara regional, jaringan kereta api yang menghubungkan kota-kota di hampir seluruh negeri dan kota-kota besar lainnya di Eropa, pusat pameran yang gampang dicapai oleh kendaraan umum dan pribadi, serta jaringan jalan bebas hambatan gratis sepanjang 12.000 kilometer.

*neraca*


Leave a comment

Categories